Hindari penipuan, berikut beberapa tips memilih pinjaman online

Pinjaman online semakin populer karena mempermudah orang yang membutuhkan uang tunai cepat. Sayangnya, masyarakat juga harus waspada terhadap penipuan kredit online yang menyamar. Apalagi saat ini banyak korban pinjaman ilegal online yang terjerat hutang fantastis namun terintimidasi oleh perusahaan debt collector.

Jadi ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman online. Saat memilih Pinjaman online bunga rendah yang aman, perhatikan tips berikut:

Pilih yang terdaftar dan berlisensi OJK
Pastikan platform pinjaman online terdaftar dan disahkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK dikenal selalu memperbarui daftar fintech legal di situs resminya. Periksa daftar secara teratur.
Platform berlisensi juga biasanya mencantumkan logo OJK di situs web dan aplikasi mereka. Dan informasi yang disetujui OJK dalam deskripsi aplikasi di App Store dan Google Play.

Suku bunga dan biaya transparan
Platform aman secara transparan mengungkapkan suku bunga dan biaya kepada pelanggan potensial. Juga, sebelum menentukan pilihan Anda, pelajari tentang biaya administrasi, suku bunga, calon penyewa, denda keterlambatan pembayaran dan denda untuk membantu mempercepat pembayaran pinjaman. Berkat ini, Anda akan dapat mengetahui apakah pinjaman online ini sesuai dengan solvabilitas Anda.

Baca Ketentuan Lengkap Terlebih Dahulu
Baca ketentuan selengkapnya terlebih dahulu. Meskipun ini adalah pinjaman online aman dan tanpa jaminan, ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi calon pelanggan sebelum aplikasi mereka disetujui. Jangan menganggap persyaratan ini sebagai hambatan, tetapi sebagai tanda bahwa pinjaman ini sah dan aman.

Persyaratan pinjaman online jauh lebih mudah daripada pinjaman tradisional. Cukup tambahkan foto KTP dan berkas lainnya seperti NPWP, kwitansi pembayaran atau bukti penghasilan lainnya.

Fungsi pemeriksaan kredit tersedia
Platform pinjaman online yang aman tentunya memiliki fasilitas layanan yang memudahkan nasabah dalam mengelola pinjaman. Fintech biasanya memiliki website resmi atau mobile app untuk pelanggannya. Lihat apakah fintech ini punya cara untuk mengecek status kredit Anda.

Pastikan untuk memberikan informasi lengkap seperti jumlah pinjaman, jangka waktu, jatuh tempo, dan tingkat bunga. Fasilitasi ini tidak hanya berfungsi sebagai pengingat, tetapi juga dapat menjadi bukti bahwa pinjaman Anda tidak dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ada kontrak dan layanan pelanggan.
Meskipun praktis dan sepenuhnya online, harus ada perjanjian kontraktual yang mengikat Anda, sebagai pelanggan, dengan tekfin sebagai pemberi pinjaman. Harap baca kontrak dengan cermat dan pastikan detail pribadi Anda benar.

Juga, pastikan platform memiliki dukungan pelanggan yang transparan. Ini memungkinkan Anda untuk segera menanyakan apakah kontrak berisi informasi yang salah.

Aplikasi dan situs web resmi tersedia
Aplikasi dan situs resmi berlogo OJK menyediakan platform yang aman. Selain itu, pastikan aplikasi yang Anda gunakan mudah digunakan dan tidak memerlukan akses ke informasi pribadi ponsel Anda.

Jangan lupa untuk mengecek apakah website fintech “terkunci” atau tidak. Pastikan ada ikon kunci di sebelah kiri alamat situs web. Simbol ini berarti bahwa situs web aman dan tidak akan mencuri informasi pribadi Anda secara ilegal.

Hindari penipuan dengan mengandalkan pinjaman tanpa agunan PermataKTA online. Siap terdaftar dan berlisensi OJK, Anda dapat menerima uang tunai hingga Rp300 juta dengan suku bunga serendah 0,88%. Proses aplikasi cepat dan aman, 100% online melalui aplikasi PermataMobile X. Lengkapi semua rencana Anda dengan pinjaman online terpercaya dari PermataKTA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *